5 Hal Ini Harus di Perhatikan Sebelum Mendaki Gunung Merbabu

Mendaki Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Waktu liburan sebentar lagi akan tiba, Mungkin bila waktu libur tiba teman-teman pasti akan merencanakan pergi berkililing kota atau pun pergi berwisata. Memang kegiatan seperti itu sudah lumrah dilakukan pada musim libur. 

Namun teman-teman perlu melakukan sesuatu yang berbeda? Jawabannya adalah dengan mendaki gunung. Studi mengatakan bahwa seseorang dengan pergi naik gunung (hiking) meningkatkan kreatifitas seseorang sebesar 50%.

Jika teman-teman masih pemula atau baru pertama kali naik gunung sebaiknya memilih Gunung Merbabu sebagi tujuan teman-teman. Kenapa? Karena jalur pendakian gunung merbabu cukup ramah terhadap pendaki pemula. Selain jalurnya yang ramah, Pemandangan yang disuguhkannya juga begitu menakjubkan.

Lokasi Gunung Merbabu ini berada di wilayah tiga Kabupaten di Jawa Tengah yaitu Magelang, Semarang dan Boyolali. Untuk mengakses gunung ini bisa melalui Kota Salatiga. Bila kita perhatikan (dari arah timur dan barat) tampak gunung ini selalu berdampingan dengan tetangganya yaitu Merapi.

Akan tetapi untuk mendaki Gunung Merbabu ini tidak segampang yang kita bayangkan, Perlu persiapan khusus yang harus teman-teman lakukan. Untuk itu saya akan memaparkan 5 hal ini harus diperhatikan sebelum mendaki Gunung Merbabu.


Mendaki Gunung Merbabu

Perencanaan Sebelum Berangkat

Dalam point ini kita harus punya rencana yang matang dan siap untuk mendaki Gunung Merbabu ini. Bagi pemula bisa memilih ikut open trip atau bisa mengajak teman anda yang sudah mempunyai pengalaman mendaki gunung.

Jangan lupa juga tepatkan waktu keberangkatan. Ada waktu terbaik yang bisa teman-teman lakukan untuk mendaki gunung adalah pada bulan juli sampai september.

Siapkan Fisik & Mental

Meskipun peralatan mendaki gunung sudah lengkap, akan tetapi bila persiapan fisik dan mental belum terpenuhi maka akan sia-sia saja. Karena persiapan fisik dan mental adalah hal utama yang harus diperhatikan sebelum mendaki gunung.Maka dari itu sebelum pendakian diusahakan melakukan jongging setiap hari. 

Supaya tubuh akan cepat beradaptasi ketika berada di medan pendakian. Untuk ketinggian Gunung Merbabu ini mencapai 3.142 Mdpl(Meter di atas permukaan laut). Untuk mencapai puncak kenteng songo ini perlu waktu sekitar 8 - 9 jam perjalanan, Sehingga teman-teman diperlukan bermalam disini.

Persiapan Survival Kit

Nahh di point ini kita dibutuhkan peralatan mendaki gunung yang mempuni. Jadi teman-teman harus mempunyai terlebih dahulu peralatan pendakian seperti : 

Sepatu gunung agar kita nyaman selama pendakian dan terhindar dari potensi tergelincir. lalu Carrier, Tenda, Sleeping bag, Alat masak/nesting serta kebutuhan logistik lainnya.

Pilih Jalur Selo Boyolali


Mendaki Gunung Merbabu

Untuk jalur pendakian gunung merbabu ini terdapat 3 jalur yang bisa kita lewati yakni Selo, Cunthel sera Wekas. Sebagai pemula, sebaiknya pilih jalur via Selo Boyolali untuk mencapai puncak Gunung Merbabu.

Ketika teman-teman melewati jalur ini ada banyak pemandangan yang bisa teman-teman temukan. Diantaranya ada Padang Sabana yang terdapat di Pos Sabana I dan II.

Banyak yang menyebutkan padang sabana ini mempunyai kemiripan dengan Pulau Kenawa, NTT. Mungkin sudah terbayang kan keindahan yang akan teman-teman temui.

Bawa Kantung Sampah

Dan point terakhir ini adalah bawa kantung sampah. gunanya untuk menghindari sampah-sampah selama pendakian seperti sisa logistik ataupun sampah yang berserakan. 

Jadi selama pendakian jangan lupa membawa kantung sampah. Karena bila gunung merbabu ini bebas dari sampah, maka kelestariannya akan tetap terjaga dan gunung merbabu juga akan terlihat cantik.


Nah itu dia beberapa hal yang harus di perhatikan sebelum mendaki gunung merbabu ini. dan semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman apalagi yang akan mendaki gunung merbabu. Jadi jangan lupa share ke teman-teman yang lain supaya teman-teman yang lain juga mendapat manfaatnya.
Previous
Next Post »

2 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
December 9, 2016 at 6:53 AM delete

kreatifitas naik 50%? wih bisa ane coba nih, biar nulis di blognya semakin kreatif :D nice article gan :D

Reply
avatar
Pergi Ngetrip
AUTHOR
December 9, 2016 at 8:25 AM delete

Haha iya gan maka dari itu sempatkan waktu untuk pergi mendaki gunung.

Reply
avatar