Curug Jenggala Pesona Air Terjun Di Banyumas

Curug Jenggala Pesona Air Terjun Di Banyumas

Kota Banyumas Jawa Tengah memang menyimpan berbagai wisata yang belum banyak di kunjungi wisatawan.Ada salah satu tempat wisata yang sudah tak asing lagi di banyumas yaitu Wisata Baturaden.Bukan hanya wisata baturaden nya saja disekitar wilayah baturaden terdapat beberapa tempat wisata yang tersembunyi dan belum banyak wisatawan yang mengunjunginya.Dan wisata ini yang sekarang lagi banyak diperbincangkan di media sosial adalah Curug Jenggala.

Curug Jenggala yang berlokasi di daerah baturaden yang tepatnya di dusun Kalipagu Desa Ketereng yang sedang hits di berbagai media sosial seperti facebook,instagram,dan twitter.Awalnya curug jenggala ini bernama Curug Tempuan.Konon katanya deberi nama curug jenggala ini karena tepat dicurug jenggala ini merupakan pertemuan dari beberapa sungai.Berkat musyawarah mufakat masyarakat desa akhirnya air terjun ini diberi nama Curug Jenggala.


Lokasi Dan Rute Menuju Ke Curug Jenggala 

Secara geografis Curug Jenggala ini berada di Desa Ketenger, Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.Dan lokasi nya juga masih didalam lahan milik Perhutani KPH Banyumas Timur.Akses jalan menuju curug jenggala ini memang tidaklah begitu sulit.Bila mau berkunjung ke curug jenggala ini silahkan jangan sungkan-sungkan untuk bertanya jalan menuju curug jenggala ini.

Dari arah kota purwokerto untuk menuju ke kalipagu kita bisa melewati rute menuju ke kompleks wisata baturaden.Setelah sampai di baturaden perjalanan diteruskan menuju ke arah curug bayan atau curug gede.Lalu pengunjung akan meleati sebuah portal yang disulap menjadi semacam portal retribusi wisata. 

Tarif  Masuk

Disitu kita harus membayar tarif masuk ke curug jenggala ini,Tarifnya pun cukup terjangkau hanya 5.000 rupiah per orang.

Nah bila kita membawa kendaraan pribadi kita bisa menumpang parkir di rumah-rumah warga sekitar.Lalu disini kita harus berjalan menuju curug jenggala sekitar 30 menit perjalanan kaki.Maka disarankan agar kondisi tubuh kita harus prima sebelum mengunjungi curug ini agar perjalanan kaki ini tidak begitu melelahkan. 

Kondisi akses menuju curug jenggala ini masih berupa tanah liat,jadi kita harus sedikit berhati-hati apalagi bila turun hujan kondisi jalan akan begitu licin.Saya sarankan sebaiknya membeli perbekalan makan dan minum sebelum menuju curug jenggala.Karena di curug jenggala ini masih sedikit ditemui pedagang yang berjualan.

Fasilitas Di Curug Jenggala 

Wisata air terjun atau curug jenggala ini yang merupakan masih baru dan wisata ini juga masih dalam proses pembangunan maka beberapa fasilitas yang minimalis yang dapat kita temui.Fasilitas yang tersedia seperti toilet dan tempat ganti baju, namun bila musim liburan tiba maka kita harus sedikit mengantri untuk bisa menggunakan fasilitas yang tersedia ini.

Curug Jenggala Pesona Air Terjun Di Banyumas

Nah yang paling ngehits dari curug jenggala adalah sebuah deck kayu berbentuk hati yang berada di pas depan air terjun tersebut.Nah ini dia yang merupakan daya tarik pengunjung untuk mengunjungi wisata ini yaitu sebuah deck kayu yang berbentuk hati yang berada tepat di depan air terjun ini.

Lokasi deck kayu ini juga sangat cocok untuk spot penggambilan foto atau untuk selfie.Jadi selamat berkunjung ke wisata air terjun ini dan jangan lupa tidak boleh merusak segala fasilitas ataupun ekosistem alam yang ada tetap selalu menjaga kelestarian alam supaya alam kita masih terjaga keasriannya.
Previous
Next Post »