Gunung Bukan Tempat Sampah Kertas Tulisan ALAY

Sejak populernya film 5 cm Kegiatan mendaki gunung bukan lagi kegiatan yang istimewa.tanpa memikirkan betapa sulit persiapannya agar dapat mendaki gunung dengan baik.Padahal naik gunung sesungguhnya tak semudah naik gunung seperti di film 5 cm yang telah banyak menipu anak muda labil yang ingin memenuhi foto selfie berlatar pemandangan.

Baca juga : 10 Tips Mendaki Gunung Ketika Musim Hujan

Pendaki Gunung Sejati Tidak Boleh Lakukan Ini 

Ketika kita mendaki gunung kita bisa melihat banyak perusakan alam yang terjadi,Padahal kita sebagai pendaki gunung seharusnya melindungi dan menjaga ekosistem alam bukannya merusak alam.Bahkan di zaman sekarang banyak bermunculan pendaki gunung jadi jadian,bilangnya pecinta alam ehh malah jadi perusak alam.


Gunung Bukan Tempat Sampah Kertas Tulisan ALAY

Ironisnya kita bisa melihat foto seperti diatas ini.Disitu membuat nama pendaki gunung jadi tercoreng.Dari situ pula nama pendaki gunung tidak mempunyai image yang bagus lagi dari seorang pendaki gunung yang mencintai alam.

Namun bila ada pendaki gunung yang membuang sampah kertas nya sembarangan.Jumlahnya pun mungkin tidak akan begitu banyak dan bisa terhitung.Oke, anggap saja hanya satu orang yang membuang sampah kertas dibawah ini, dan dianggap tidak mengapa. Lantas, bagaimana jika ada 10 ribu orang dibelakangnya mengikuti? Kita sebagai pendaki tidak boleh melakukan hal ini :

Gunung Bukan Tempat Sampah Kertas Tulisan ALAY

Gunung Bukan Tempat Sampah Kertas Tulisan ALAY

Gunung Bukan Tempat Sampah Kertas Tulisan ALAY

Gunung Bukan Tempat Sampah Kertas Tulisan ALAY

Gunung Bukan Tempat Sampah Kertas Tulisan ALAY


Mungkin gunung yang begitu indah dan cantik ini seakan menjadi tempat sampah yang begitu tidak sedap untuk dilihat.Jadi tolong minta kesadarannya,tumbuhkan lah rasa cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.Kalau kalian memang pendaki gunung sejati, jangan pernah lakukan hal seperti ini.Sungguh melihat gunung yang sebelumnya indah dan menakjubkan sekarang sampah bertebaran dimana-mana.Bahkan digunung seharusnya masih terjaga keasliannya.

Sekarang kan zaman sudah serba canggih kita tidak perlu lagi menulis kata-kata alay yang akan dipamerkan ke media sosial cukup gunakan aplikasi ini.Baca Selengkapnya Kamu bisa gunakan Aplikasi Ini 

Sikap Yang Harus Diterapkan Bila Kita Mendaki

Bagi mereka, pendaki gunung sejati pasti selalu ingat dengan ini “Tidak mengambil apapun kecuali foto,Tidak meninggalkan apapun kecuali jejak dan kenangan manis dan Tidak Membunuh Apapun Kecuali Waktu" Tujuannya agar kegiatan yang dilakukan tidak membuat alam semakin rusak sehingga kelestarian lingkungan hidup tetap terjaga.Bukan malah mengotori gunung dengan sampah kertas sisa selfie seperti ini.

"Tidak mengambil apapun kecuali foto" : Memang alam menyediakan berbagai flora, satwa, bahkan batuan yang memikat hati untuk dijadikan oleh-oleh. Namun perbuatan seperti memetik bunga edelweis ataupun menangkap binatang, hanya akan merusak alam. Jika ingin membawa oleh-oleh cukup dengan melukisnya atau memotret saja.

"Tidak meninggalkan apapun kecuali jejak dan kenangan manis" : Saat bertualang, semua bekas kegiatan terutama sampah yang dihasilkan jangan pernah tertinggal, bawalah pulang kembali. Karena benda-benda tersebut (terutama sampah plastik) akan memberikan dampak buruk yang besar bagi kelestarian lingkungan. Termasuk jangan meninggalkan bekas berupa coretan, guratan, dan sejenisnya di pohon maupun batuan.

"Tidak Membunuh Apapun Kecuali Waktu" Cukuplah waktu saja yang terbunuh selama petualangan itu berlangsung. Lainnya, baik hewan, tumbuhan, bahkan termasuk diri sendiri jangan.Nah seharusnya pendaki gunung sejati itu melakukan 3 etika seperti di atas.Bila kita melakukan tiga etika di atas niscaya gunung akan terjaga kelestariannya.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan.Terima kasih kesediaannya membaca    saya undur diri wassalam.

Pesan : Kalau kalian pengen gunung tetap bersih, bagikan tulisan ini kepada teman – teman kalian agar tersadar, dan menjadi pendaki gunung yang peduli dengan alam yang bersih.
Previous
Next Post »