Keindahan Curug Ngelay Yang Tersembunyi Di Dalam Hutan

Banyak yang menyebutkan bahwa Kabupaten Kuningan memiliki berbagai keindahan alam yang menakjubkan.Karena Kuningan memiliki banyak tempat wisata alam yang bisa teman-teman kunjungi bisa untuk sekedar piknik maupun untuk rekreasi.Dari berbagai tempat wisata alam yang dapat dikunjungi ada satu tempat wisata alam yang lagi ramai dikunjungi oleh pengunjung yaitu Curug Ngelay.Curug ini menyimpan berbagai keindahan yang disuguhkan apalagi kalau kita mandi disana segala kepenatan akan hilang seketika.

Curug Ngelay

Rute Menuju Curug Ngelay

Lokasi nya yang berada di Desa Begawat,Kecamatan Salajambe Kabupaten Kuningan.

Dari pusat kota Kuningan kita menempuh perjalanan sekitar 37 Km kita bisa menggunakan sepeda motor ataupun roda empat.tapi saran saya sebaiknya menggunakan sepeda motor karena tekstur jalan yang curam dan masih bebatuan.


Untuk sampai kesana butuh waktu sekitar 1jam an.belum lagi kita berjalan kesana melewati pesawahan dengan jalan setapak Karena segala sesuatu juga butuh perjuangan.

Setelah kita melewatinya kita akan disambut dengan keindahan curug ngelai bahakan di perjalanan pun kita bisa melihatnya sehingga membuat perjalanan yang melelahkan akan tidak terasa begitu sampai disana.
Baca juga : Curug Cigalagah Wisata Timur Kuningan Yang Menakjubkan

Curug Ngelay


Sebelum kita menikmati keindahan Curug Ngelay.teman-teman harus membayar tiket masuknya terlebih dahulu sekitar Rp 5.000.dengan begitu teman-teman bisa langsung menikmati keindahan curug ngelai.
 
Dengan Ketinggian 100 meter dan lebar sekitar 50 meter menambah kesan eksotis.Selain itu tebing nya  yang menjulang tinggi membuat curug ngelai ini semakin indah untuk di pandang.Kalau di musim kemarau debit airnya tidak begitu besar berbeda saat musim hujan debit airnya akan semakin deras.Airnya yang begitu jernih seakan membuat mata kita kembali fresh.
 
Kita juga diperbolehkan untuk mandi dibawah curug ngelai asalkan kita selalu berhati".tak sedikit pengunjung yang mandi dibawah curug ngelai karena mungkin airnya yang sejuk dan untuk melepas kepenatan dalam diri kita.adapun pengunjung yang mengabadikan keindahan curug ngelay ini.

 Asal-usul Curug Ngelay


Konon dahulu curug ini bukan bernama curug ngelai melainkan bernama ki bagus talang.Namun mungkin karena faktor airnya yang tida sederas dahulu akhirnya warga sekitar memberi nama curug ngelai karena air seperti ngelay atau dalam bahasa indonesia ngiler.

Curug Ngelay


Walaupun curug ini berada tersembunyi di dalam hutan tapi banyak pengunjung dari luar sana berdatangan untuk mengunjungi curug ngelai bahkan beberapa bulan kebelakang curug ini sudah menjadi trend wisata dan ramai dibicarakan di media sosial.

Mungkin rasa penasaran teman-teman untuk pergi ke curug ngelay ini sudah terjawab karena telah membaca artikel ini.Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman teman dan jangan lupa share ke teman-teman yang lain bila artikel ini menarik.
Previous
Next Post »