Wisata Alam Lembah Cilengkrang Dan Pemandian Air Panasnya

Wisata Alam Lembah Cilengkrang Dan Pemandian Air Panasnya

Lembah Cilengkrang objek wisata yang berada di kabupaten Kuningan ini merupakan wisata yang banyak menarik pengunjung.Wisata ini masih berada di kawasan wisata alam hujan tropis Ciremai.Bila teman-teman berkunjung kesini teman-teman akan disambut dengan Wisata Kopi Gede,Wisata Curug Sabuk & Wisata Curug Sawer.Penasaran kan seperti apa keindahan yang disuguhkan Lembah Cilengkrang ini.

Lembah Cilengkrang

Lokasi nya yang berada di  Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.Lembah cilengkrang ini memiliki 3 lokasi wisata yaitu lokasi Kopi Gede dan lokasi Curug Sabuk yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter.Selain Kopi Gede dan Curug Sabuk ada satu lagi lokasi wisata yaitu Curug Sawer.
Baca juga : Curug Bangkong Dan Misteri Dibalik Keindahannya

Curug Sawer

Berbeda dengan Curug Sabuk,Curug Sawer ini memiliki Ketinggian lebih tinggi dari Curug Sabuk dengan ketinggian 75 meter yang berada di kawasan hutan lindung.

Bila teman-teman mau berkunjung ke wisata Curug Sawer ini sebaiknya dalam kondisi fisik dan mental yang prima,karena akses jalan yang akan kita lewati untuk menuju curug ini cukup berat dan butuh sedikit trekking.Selain kita butuh sedikit trekking teman-teman juga harus menyebrangi sungai.

Pemandian Air Panas

Teman-teman juga bisa menemukan sumber mata air panas alami yang sudah disediakan untuk sekedar mandi ataupun berendam dan menghilangkan rasa lelah setelah melewati medan yang dilalui.

Tak hanya sumber air panas nya pohon-pohon raksasa yang mengelilingi kolam air panas ini menambah kesan eksotis.Terdapat dua kolam air hangat untuk teman-teman berendam kita bisa meresakan ketenangan dan kesejukan apabila kita berendam di air panas alami ini.

Kolam ini mempunyai kedalaman sekitar 100 cm.Masyarakat sekitar mempercayai air kolam ini berkhasiat untuk kesehatan kulit dan kebugaran tubuh.Apabila kita berjalan lagi sekitar 30 meter dari lokasi kolam air panas terdapat sebuah air terjun setinggi 30 meter.

Wisata Alam Lembah Cilengkrang Dan Pemandian Air Panasnya

Pada saat musim kemarau air terjun di Lembah Cilengkrang itu akan banyak di kunjungi pengunjung,bukan hanya warga Kuningan saja dari luar Kuningan seperti Cirebon mengunjungi wisata ini.

Namun pada musim hujan wisata ini akan sepi pengunjung,kawasan ini terlarang bagi pengunjung.Karena dikhawatirkan ada salahsatu pohon roboh dari atas atau batu yang jatuh kebawah yang bisa menimpa dan melukai pengunjung.

Ada beberapa fasilitas yang di bangun dengan dukungan dari TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) dan pemerintah daerah misalnya penyediaan tempat penginapan,rumah makan ataupun pusat oleh-oleh di dekat obyek wisata.

Harga Tiket Masuk 

Harga tiket masuk ke kawasan ini cukup terjangkau dengan kocek Rp 10.000 teman-teman sudah bisa menikmati wisata ini.

Rute Menuju Lembah Cilengkrang

Untuk sampai menuju Lembah Cilengkrang kita bisa menggunakan roda dua maupun roda empat.Dari Terminal Cirendang, melalui Desa Ragawacana Bagi wisatawan yang datangnya dari arah Cirebon, bisa langsung belok kanan dari pasar Kalapa gunung, menuju arah desa Pajambon yang jaraknya kurang lebih 2 km. 
Baca juga : Keindahan Curug Ngelay Yang Tersembunyi 

Bila teman teman sudah berada di Desa Pajambon,teman-teman bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata Kopi Gede, selanjutnya ke Curug Sabuk, yang jaraknya 600 meter, melintasi sungai Cilengkrang menuju Curug Sawer.
Previous
Next Post »