3 Taman Nasional di Jawa Barat, Yang Wajib Kamu Jelajahi

3 Taman Nasional di Jawa Barat
Foto :http://trevelsia.com
Dengan pergi mengunjungi taman nasional maka kita akan mendapatkan banyak hal yang menyenangkan seperti petualangan, trekking, outdoor dan masih banyak lagi. Karena kita akan merasakan kembali alam yang sejuk dan indah serta merasakan suasana yang hening dan tenang. Dengan begitu akan sangat baik untuk pikiran kita. Secara hukum Taman Nasional merupakan kawasan yang dilindungi. 

Dengan adanya taman nasional maka habtitat tertentu akan terlindungi. Sekarang taman nasional sudah dibuka untuk masyarakat umum dan sudah menjadi wisata yang dapat dikunjungi. Namun dengan catatan ada beberapa hal yang harus dipenuhi sebelum berkunjung yaitu harus mendapatkan izin dulu dari pihak pengelola. Nah di Jawa Barat sendiri terdapat 3 taman nasional yang bisa kita kunjungi untuk sekedar menjelajah dan mendekatkan diri dengan alam. Berikut simak baik-baik 3 Taman Naisonal di Jawa Barat Yang Wajib Kamu Jelajahi.


1. Taman Nasional Gunung Halimun Salak

3 Taman Nasional di Jawa Barat
Foto :http://www.way2east.com/
Untuk lokasi Taman Nasional Gunung Halimun Salak Secara administratif, berada di 2 wilayah kabupaten di Jawa Barat yakni Kabupaten Bogor dan Kabupaten Sukabumi. Dari sebagian wilayah taman nasioanl ini masuk ke wilayah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Dengan luas wilayah mencapai 113.357 hektare dan secara resmi ditetapkan pada tahun 1992. Taman Nasional ini merupakan kawasan konservasi dan merupakan peranan penting untuk sebagian wilayah di Jawa Barat karena dikawasan ini digunakan sebagai tangkapan air. 

Pada awal penamaan taman nasional ini di ambil dari nama dua gunung yang berada di kawasan konservasi  yaitu Gunung Halimun dan Gunung Salak. Namun penamaan dari gunung salak ini masih menjadi pertanyaan besar hingga sekarang gunung salak ini dikenal sebagai gunung paling angker di Indonesia. 

Tak heran banyak kasus yang terjadi di gunung salak ini sehingga banyak dari para pendaki tidak melakukan pendakian. Namun terlepas dari semua itu, Kawasan di sekitar kaki Gunung Salak ini memiliki potensi alam yang melimpah. Ada salah satunya yang menjadi destinasi wisata di Bogor seperti Curug Cigamea, Curug Ngumpet, Curug Pangeran, Curug Seribu, Curug Luhur, Curug Nangka, serta Curug Cihurang.


2. Taman Nasional Gunung Ciremai

3 Taman Nasional di Jawa Barat

Taman Naisonal yang berada di Kabupaten Kuningan ini adalah objek penjelajahan utama yang harus dikunjungi. Gunung ciremai sendiri merupakan gunung tertinggi di jawa barat. Awalnya taman nasional ini merupakan kawasan sebuah hutan lindung sebelum di tetapkan nya menjadi taman nasional. Pada tahun 2004 secara resmi TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai) ini menjadi taman nasional. Luas wilayah TNGC ini sekitar 15.859 hektare. 

Lokasi Taman Nasional ini secara administratif berada di wilayah Kabupaten Kuningan dan masuk juga Kabupaten Majalengka. Untuk para pendaki yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Ciremai ini bisa menggunakan 3 jalur yakni Via Palutungan, Via Apuy Majalengka dan Via Linggarjati. Nah jika kita sedang beruntung kita bisa bertemu dengan fauna penghuni taman nasional gunung ciremai.

Baja juga : 5 Hal ini Harus di Perhatikan Sebelum Mendaki Gunung Merbabu

3. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

3 Taman Nasional di Jawa Barat
Foto:http://hallocianjur.com
Perlu kita ketahui Taman Nasional Gede Pangrango merupakan taman nasional tertua di Jawa Barat bahkan taman nasional ini masuk dalam daftar taman nasional tertua di Indonesia. Sudah sejak dulu taman nasional ini dijadikan objek penelitian. Taman nasional ini telah diakui secara internasional sebagai World Network of Biosphere Reserves (WNBR) oleh UNESCO. Sejak dulu kawasan taman nasional ini sering dijadikan salah satu aktivitas pecinta alam seperti dari UI, Su Hok Gie. Untuk luas wilayah Taman Nasional Gede Pangrango ini mencapai 21.975 hektare. 

Untuk nama taman nasional ini sama seperti taman nasional gunung salak tadi yaitu diambil dari dua gunung yang berada di kawasan taman nasional yakni Gunung Gede dan Gunung Pangrango. Kedua gunung ini sering menjadi favorit para pendaki di Jawa Barat ataupun dari luar Jawa Barat. Lokasi TN Gunung Gede Pangrango sendiri berada di wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi.
Previous
Next Post »

9 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
December 13, 2016 at 10:29 PM delete

nomer 2 itu yang wajib banget :D

Reply
avatar
Pergi Ngetrip
AUTHOR
December 13, 2016 at 10:38 PM delete

Haha iya gan cobain deh trek di gunung ciremai ini gan dijamin ketagihan.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 13, 2016 at 10:52 PM delete

lagi di Bali gan, semoga nanti pas ke Jawa bias singgah kesana

Reply
avatar
Pergi Ngetrip
AUTHOR
December 13, 2016 at 10:58 PM delete

iya gan silahkan gerbang masuk terbuka lebar kok.

Reply
avatar
.
AUTHOR
December 13, 2016 at 11:16 PM delete

aduh keren banget mas yahh .. semoga bisa maen kesanah ntar ah

Reply
avatar
horas93
AUTHOR
December 14, 2016 at 12:10 AM delete

mantap
bisa jadi referensi klo mau libur

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
December 14, 2016 at 1:07 AM delete

Nice tapi temanya tentang gunung semua, kurang cocok buat says Yang Sudah berkeluarga. Hehehehe tetep creative!

Reply
avatar
Pergi Ngetrip
AUTHOR
December 14, 2016 at 3:09 PM delete

iya gan jauh dari kebisingan kota apalagi kalau mau menenangkan pikiran.

Reply
avatar
Pergi Ngetrip
AUTHOR
December 14, 2016 at 3:12 PM delete

hehe masih banyak kok tempat wisata yang keren dan indah gan selain taman nasional ini.

Reply
avatar