5 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Barat

5 Gunung Favorit Jawa Barat

Mendaki Gunung merupakan kegiatan menjelajahi alam dan kegiatan paling menyenangkan. Dan bagi saya sendiri mendaki gunung itu seperti rutinitas setiap 2 bulan sekali. Karena dengan mendaki gunung kita akan lebih mengenal alam. Dikalang pendaki yang sudah berpengalaman mendaki gunung itu bukanlah sekedar mendaki, ada pepatah "Bila hanya mendaki, Monyet juga mendaki" jadi mendaki gunung merupakan sebuah perjalanan hati.

Saya sendiri bangga hidup di Indonesia, karena banyak sekali keindahan alam yang bisa kita nikmati. Di Jawa Barat sendiri terdapat beberapa gunung yang sudah menjadi favorit para pendaki dan Di setiap hari selalu ramai oleh kunjungan para pendaki terkecuali bila ditutup. Sebelumnya saya telah membahas 3 Taman Nasional di Jawa Barat, Yang Wajib Kamu Jelajahi Dan kali ini saya akan membahas 5 Gunung Favorit Para Pendaki di Jawa Barat berikut ulasannya.


1. Gunung Gede 

view gunung gede.jpg

Gunung Gede ini berlokasi di Provinsi Jawa Barat tepatnya di Kabupaten Bogor dan berada di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Perlu di ketahui juga Taman Nasional Gede Pangrango ini pada tahun 1980 terdaftar dalam lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia. Di kalangan pendaki gunung gede ini sudah tidak asing lagi. Gunung ini menyuguhkan daya tarik buat para pendaki yang bisa dinikmati. Selain puncak adalah tujuan utama para pendaki, Namun ada salah satu tempat yang menjadi pusat tujuan utama di gunung gede ini yaitu Alun-alun Suryakencana. Perlu juga diketahui Alun-alun Suryakencana ini merupakan spot terbaik di Indonesia untuk melihat cantiknya bunga Edelweis yang sedang bermekaran.


view suryakencana.jpg

Gunung Gede ini mempunyai ketinggian 2.750 Mdpl. Selain Alun-alun suryakencana satu tempat ini jangan kamu lewatkan ketika mendaki gunung gede yaitu pemandian air panasnya, disini kita bisa berendam sejenak untuk melepaskan rasa lelah setelah pendakian. Jadi bila mendaki gunung gede ini kurang lengkap rasanya bila tidak mandi di pemandian air panas ini. Untuk jalur pendakian gunung gede ini terdapat 3 jalur yang bisa kita lewati yaitu Jalur Cibodas, Gunung Putri dan Selabintana.


2. Gunung Pangrango

View gunung pangrango.jpg

Gunung yang berada di jawa barat ini memiliki ketinggian 3.019 Mdpl dan menjadi gunung tertinggi ke dua di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai. Untuk nama puncak gunung ini adalah Puncak Mandalawangi. Dan di puncak mandalawangi ini juga merupakan titik pertemuan batas tiga kabupaten yaitu Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi. 

Gunung ini berada di ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango. selain bisa mendaki gunung ini kita juga bisa mendaki gunung gede. Tak hanya gunung gede saja, Gunung Pangrango ini menyuguhkan keindahan yang cukup memukau. Karena di gunung ini mempunyai sebuah sabana padang rumput luas yang disekitar nya ditumbuhi bunga edelweis. Karena di tempat ini juga So Hok Gie pernah menulis salah satu karya puisi.

Baca juga : 5 Hal Yang Harus di Perhatikan Sebelum Mendaki Gunung Merbabu


3. Gunung Papandayan

view gunung papandayan.jpg

Gunung Papandayan ini merupakan gunung api strato. Lokasinya yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung ini mempunyai ketinggian 2665 Mdpl itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung. Salah satu alternatif tempat favorit para pendaki untuk melakukan pendakian adalah Gunung Papandayan. Di Kabupaten Garut, gunung ini dikenal mempunyai beberapa kawah yang menjadi tujuan utama para pendaki yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk


view tegal alun.jpg

Selain beberapa kawahnya, ada satu lagi yang menjadi daya tarik di gunung papandayan ini yaitu Hutan Mati. Lokasi hutan mati ini sering dijadikan para pendaki untuk berfoto. Namun kita harus selalu berhati-hati di hutan mati ini. Karena kabut kerap turun dan menghalangi pandangan mata, sehingga di lokasi hutan mati ini sering terjadi pendaki tersesat. Gunung ini juga mempunyai padang rumput luas seperti gunung gede pangrango tadi dan ditumbuhi bunga edelweis yang cantik. untuk namanya sendiri dikenal dengan nama Tegal Alun.


4. Gunung Cikuray

view gunung cikuray.jpg

Gunung Cikuray merupakan gunung yang bertipe Stratovolcano. Untuk lokasinya gunung ini berada di Dayeuhmanggung, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gunung Cikuray mempunyai ketinggian 2.821 Mdpl dan gunung cikuray ini merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Ciremai, Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Gunung Cikuray sendiri tidak mempunyai kawah aktif. 


view samudra awan.jpg

Kabupaten Garut juga merupakan tempat favorit para pendaki untuk melakukan pendakian. Karena di Gunung Cikuray ini terkenal dengan samudra awannya apalagi bila kita melihat sunrise di gunung ini keindahanya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata :D. Dari puncaknya kita bisa melihat beberapa gunung yang begitu memukau. Untuk jalur pendakian Gunung Cikuray ini terdapat 3 jalur yaitu jalur Cikajang, Bayongbong dan Dayeuh Manggung.


5. Gunung Ciremai

View gunung ciremai kuningan.jpg

Gunung Ceremai, namun dikalangan pendaki nama gunung ini sudah familiar dengan nama "Ciremai" adalah gunung berapi berbentuk kerucut. secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Gunung Ciremai ini mempunyai ketinggian 3.078 Mdpl dan Merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat. Nama dari puncak gunung Ciremai ini adalah Ciayumajakuning. Tak heran di kalangan pendaki gunung ini menjadi salah satu gunung impian. 

Yang menarik dari Gunung Ciremai ini yaitu treknya yang begitu menantang apalagi kalau kita lewat jalur Linggarjati yang merupakan jalur yang cukup sulit. Meskipun perjalanan nya cukup panjang namun dengan semua itu kita akan mendapatkan pemandangan yang begitu spektakuler karena kita benar-benar serasa di atas awan. Kita juga bisa melihat satwa fauna asli di gunung ciremai ini yang dapat kita jumpai. 

Bila kita mendaki gunung ini lewat Palutungan atau Apuy maka kita akan menjumpai goa yang bernama Goa walet. Goa Walet sendiri sering dijadikan tempat camp terakhir karena posisinya dekat dengan puncak sekitar 5 km dari puncak. Disitu juga kita bisa melihat cantik nya bunga edelweis bermekaran. Untuk jalur pendakiannya sendiri terdpat 3 jalur pendakian yaitu Jalur Palutungan, Linggarjati serta Apuy Majalengka.
Previous
Next Post »