Dibalik Keindahannya Telaga Remis Menyimpan Sebuah Mitos

Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Wisata Telaga Remis Kuningan Jawa Barat.Keindahan yang di suguhkan membuat Telaga Remis bisa dijadikan sebagai tempat untuk melepas beban dipikiran.Dengan menaiki sepeda air kita bisa menikmati keindahan pohon pinus yang mengelilingi telaga remis ini.
Baca juga : Keindahan Pemandangan Bukit 1000 Bintang 

Di telaga remis juga sudah disediakan jalur untuk pejalan kaki.cocok buat teman-teman yang suka dengan aktifitas berjalan kaki sambil menikmati suasana yang sejuk dan asri.Terkadang ada orang yang sedang memancing di pinggir telaga ini.memang di telaga remis menyimpan berbagai jenis ikan seperti ikan mujair ataupun ikan mas.

Telaga Remis

Kenapa Dinamakan Telaga Remis?

Konon nama telaga remis di ambil dari dua kata yaitu telaga dan remis.Telaga yang artinya Danau sedangkan Remis yang artinya sejenis kerang kecil yang berwarna kuning yang bisa kita jumpai di sekitar telaga remis ini.


Mitos Telaga Remis

Telaga Remis

 

Tetapi dibalik keindahannya telaga remis ini menyimpan mitos yang beredar di masyarakat.Dahulu raja padjajaran yaitu prabu Siliwangi pernah singgah di sini dan bersemedi di hutan batu yang kontur tanahnya masih tandus.Selama bersemdi disana prabu siliwangi hanya mengandalkan embun(kalau dalam bahasa sunda remis)yang dikumpulkan dengan daun pisang.Embun itu yang memenuhi kebutuhannya untuk minum.

Setelah rasa hausnya hilang beliau membuang sisa air dari embun tersebut sambil berkata:”Ini adalah sisa embun yang pernah menolongku dari rasa haus semoga sisa embun ini akan menjadi sebuah telaga yang kelak akan menjadi berguna bagi masyarakat sekitar” 


Alamat Telaga Remis

Lokasinya berada di Desa Kaduela , Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan Jawa Barat.Telaga remis ini berada di perbatasan Kuningan Cirebon dan majalengka untuk jarak tempuh dari pusat kota kuningan  sekitar 37 Km.

butuh waktu sekitar Satu jam untuk bisa sampai kesana sedangkan untuk dari Cirebon jarak tempuh 13 Km lebih dekat waktu tempuh sekiatr 30menitan.Luas telag remis ini adalah 3,25 hektar dan kedalaman nya sekitar 12 meter.


Jalan Menuju Telaga Remis

Untuk mencapai lokasi teman-teman bisa menggunakan sepeda motor atau pun roda empat juga bisa.jalan nya sendiri searah dengan telaga nilem dari tiket masuk kita hanya berjalan lurus mengikuti jalan sampai ada pertigaan belok kiri.butuh waktu sekitar 15 menitan untuk sampai kesana.


Harga Tiket Masuk

Tarif nya sendiri cukup terjangkau teman-teman untuk sepeda motor 10rb dan untuk roda empat 15rb dengan begitu kita bisa mengunjungi 3 Telaga Sekaligus yaitu Telaga Biru,Telaga Remis & Telaga Nilem.


Fasilitas

Bukan hanya wisata airnya telaga ada sebuah wisata petualangan bagi para penggemar offroad.bahkan telaga remis ini bisa dijadikan foto pre-wedding karena keindahan pohon pinus yang mengelilingi nya menambah kesan yang eksotik.
Fasilitas pendukung : saung,pos,Papan Petunjuk,shelter,tempat sampah,bangku dan Musola.



Seperti biasa hasil foto-foto saya :

Telaga Remis

Telaga Remis

Telaga Remis

Telaga Remis

Telaga Remis

Previous
Next Post »